Sutan: Konvensi Demokrat, Pintu Emas untuk Capres

Written By bopuluh on Senin, 08 Juli 2013 | 21.35


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana mengklaim, konvensi capres partainya bisa menjadi pintu masuk bagi capres-capres yang selama ini belum terafiliasi dengan partai politik mana pun. 

"Ini golden gate, pintu emas untuk mencari calon pemimpin karena partai-partai lain kan capresnya dikungkung partainya sendiri," ujar Sutan di Kompleks Parlemen, Selasa (8/7/2013).

Menurut Sutan, melalui konvensi, Demokrat berharap agar pemimpin yang terjaring merupakan sosok terbaik untuk Indonesia. Selain itu, ia juga mengakui bahwa konvensi dilakukan untuk mendongkrak elektabilitas Partai Demokrat.

"Kalau naik, alhamdulillah. Kalau dibikin enak ngapain dibikin enggak enak kan? Kalau tanam kebaikan, niscaya akan muncul kebaikan juga kan?" kata Sutan.

Saat disinggung tentang kesuksesan Golkar menggelar konvensi pada tahun 2004 silam, Sutan meluruskannya. Menurutnya, konvensi yang dilakukan Partai Demokrat berbeda dengan yang dilakukan Golkar.

"Golkar itu yang memilih adalah DPC dan DPD. Itu kan sama saja mencari atau memilih ketum di Demokrat dan tidak melibatkan rakyat. Sementara, kami gunakan metode survei. Jadi sama saja kandidat-kandidat ini berkampanye ke seluruh negeri," katanya.

Seperti diberitakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan tujuh butir pokok terkait konvensi Partai Demokrat pada Minggu (7/7/2013) malam. Penjelasan SBY dilakukan lantaran dia menyadari banyak bias yang terjadi terkait konvensi yang akan dilakukan partainya.

Dalam penjelasannya, SBY mengungkapkan, tujuh pokok terkait konvensi seperti penyusunan komite seleksi yang terdiri dari unsur internal dan independen. Komite seleksi ini juga yang akan menentukan kriteria dan juga mengumumkan peserta konvensi pada Agustus 2013 ini.

Sementara, peserta konvensi bisa berasal dari kader Partai Demokrat atau pun non-kader. Mereka yang lolos seleksi sebagai kandidat capres nantinya harus menjalani konvensi selama delapan bulan yang dibagi ke dalam dua tahapan. Mereka akan disurvei oleh tiga lembaga dan hasilnuya diumumkan ke publik. Setelah hasil pileg diketahui, Partai Demokrat baru akan mengumumkan kandidat capres yang diusungnya.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Sutan: Konvensi Demokrat, Pintu Emas untuk Capres

Dengan url

http://coffeeasoy.blogspot.com/2013/07/sutan-konvensi-demokrat-pintu-emas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sutan: Konvensi Demokrat, Pintu Emas untuk Capres

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sutan: Konvensi Demokrat, Pintu Emas untuk Capres

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger