McKinsey: Lima Fakta Indonesia Bisa Jadi Negara Maju di 2030

Written By bopuluh on Senin, 12 November 2012 | 20.35

JAKARTA, KOMPAS.com - Chairman McKinsey Global Institute Raoul Oberman mengatakan, Indonesia berpotensi untuk menjadi negara maju pada 2030. Apa saja faktanya?

Pertama, tingkat ekonomi Indonesia dinilai paling stabil di dunia. Bahkan Bank Indonesia sudah menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia paling stabil dalam 4-5 tahun terakhir.

Kedua, sekitar 90 persen pertumbuhan ekonomi nasional berasal dari wilayah di luar Jawa. Jadi, pertumbuhan ekonomi ini bukan hanya terjadi di Jawa atau Jakarta saja.

Ketiga, sekitar 11 persen ekspor komoditas berasal dari sektor non migas. Ini membantah mitos bahwa model pertumbuhan dalam negeri didominasi ekspor.

Keempat, pemakaian sumber daya sudah berkurang, bahkan sudah berkurang hingga 7 persen. Ini juga membantah bahwa sumberdaya adalah penopang utama perekonomian.

Kelima, sekitar 60 persen pertumbuhan ekonomi ditopang oleh peningkatan produktivitas. Ini juga membantah bahwa pertumbuhan ekonomi hanya dari pertumbuhan angkatan kerja saja.

"Ini saatnya Indonesia untuk tidak hanya menjadi jago kandang saja, tapi juga harus jadi juara di dunia," kata Raoul di acara KEN "Penyatuan Visi Bersama Menuju Indonesia Maju 2030" di Hotel Ritz Carlton Sudirman Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Menurut Raoul, Indonesia memang memiliki waktu yang panjang untuk bisa menjadi negara maju. Jika diproyeksikan menjadi negara maju pada 2030, maka Indonesia perlu waktu 85 tahun untuk bisa menjadi negara maju.

Bayangkan dengan negara Inggris yang perlu 250 tahun untuk bisa menggandakan Produk Domestik Bruto (PDB)nya. Namun bila di China, hanya perlu 12 tahun untuk melipatgandakan PDB-nya. "Inilah kebangkitan Asia, salah satunya Indonesia," tambahnya.

Baca Juga:  CT: Indonesia Negara Maju, Bukan Mimpi
Simak artikel terkait lainnya di Topik Ekonomi Indonesia Tetap Melaju

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

McKinsey: Lima Fakta Indonesia Bisa Jadi Negara Maju di 2030

Dengan url

http://coffeeasoy.blogspot.com/2012/11/mckinsey-lima-fakta-indonesia-bisa-jadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

McKinsey: Lima Fakta Indonesia Bisa Jadi Negara Maju di 2030

namun jangan lupa untuk meletakkan link

McKinsey: Lima Fakta Indonesia Bisa Jadi Negara Maju di 2030

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger