Buruh Demo Lagi, Minta Jokowi Jewer Pengusaha Nakal

Written By bopuluh on Minggu, 08 September 2013 | 21.35

JAKARTA, KOMPAS.com- Ratusan buruh dari Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI) menggelar unjuk rasa di Balaikota Jakarta, Senin (9/9/2013) pagi. Para buruh meminta Gubernur Jakarta DKI Joko Widodo memberikan sanksi tegas kepada pengusaha yang tak membayarkan upah buruh sesuai upah minimum provinsi atau UMP sebesar Rp 2,2 juta.

Dalam orasinya, Ketua Umum SBTPI Ilham Syah mengatakan, masih ada perusahaan yang belum menggaji para pekerja sesuai dengan upah yang telah ditetapkan pemerintah. Menurut Ilham, ada ancaman sanksi bagi perusahaan yang lalai membayar upah pekerjanya.

"Kita minta Jokowi tangkap, adili, kalau perlu penjarakan para pengusaha yang lalai memberikan hak normatif bagi kaum pekerjanya," tegasnya. Ilham juga mengkritik upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang terkesan tak punya taring untuk menindak pengusaha yang lalai membayarkan upah kepada para pekerjanya. Bahkan, menurut Ilham, terkesan seperti ada pembiaran pengawasan perusahaan-perusahaan nakal tersebut. Ia menyebutkan, Pemprov DKI kerap berkilah dengan mengatakan bahwa jumlah tenaga pengawas ketenagakerjaan masih sedikit dan belum ada laporan pengaduan dari pekerja.

"Sektor kerja transportasi itu sektor unggulan, tapi kenapa masih termarginalkan? Kolaborasi antara apatis pemerintah dan perusahaan tidak bertanggung jawab bikin kita menderita," ujarnya.

Selain menggelar unjuk rasa, para buruh juga meminta bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Belum dapat dipastikan apakah tuntutan itu diakomodir oleh Jokowi atau tidak. Saat ini Jokowi tengah menggelar rapat bersama beberapa wali kota dan kepala dinas.

"Jika tidak bisa bertemu, besok kita balik lagi ke sini dan membawa serta alat kerja kita," kata orator unjuk rasa.

Pantauan Kompas.com, aksi para buruh berlangsung di trotoar Jalan Medan Merdeka Selatan dab berlangsung tertib. Dengan mengenakan baju merah dan membentangkan spanduk berisi tuntutan serta kepala terikat kain, para buruh hanya berdiri di depan pagar Balaikota Jakarta dan mendengarkan orasi. Di dalam pagar, belasan polisi bersiaga. Aksi unjuk rasa tersebut tak mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas Jalan Medan Merdeka Selatan.

Editor : Laksono Hari Wiwoho

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Buruh Demo Lagi, Minta Jokowi Jewer Pengusaha Nakal

Dengan url

http://coffeeasoy.blogspot.com/2013/09/buruh-demo-lagi-minta-jokowi-jewer.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buruh Demo Lagi, Minta Jokowi Jewer Pengusaha Nakal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buruh Demo Lagi, Minta Jokowi Jewer Pengusaha Nakal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger