57 Persen Pembeli Apartemen Gunakan "Tunai Bertahap"

Written By bopuluh on Selasa, 09 April 2013 | 21.35

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas warga Jabodetabek membeli apartemen dengan metode cash installment atau tunai bertahap. Hal itu terjadi karena mereka enggan berhubungan dengan perbankan.

Saat ini telah banyak pihak pengembang yang menawarkan cara pembayaran tunai bertahap dengan jangka waktu pembayaran lama.

-- Aleviery Akbar

"Pembeli apartemen dengan cash installment jumlahnya mencapai 57 persen, sedangkan untuk hard cash atau tunai langsung sebanyak 24 persen dan KPA 19 persen," kata Direktur Residensial Colliers Internasional (konsultan properti internasional) Aleviery Akbar di Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Akbar menuturkan, alasan banyak orang memilih tunai bertahap karena banyak pembeli yang tidak sanggup membayar tunai secara langsung. Selain itu, metode tunai bertahap juga lebih dipilih karena tidak dikenakan bunga seperti KPA. Apalagi, saat ini telah banyak pihak pengembang yang menawarkan cara pembayaran tunai bertahap dengan jangka waktu pembayaran lama.

"Bahkan, ada yang menawarkan pembayaran hingga 24 sampai 36 bulan," katanya.

Ia mengungkapkan, alasan lain memilih tunai bertahap adalah karena keengganan mereka untuk pergi ke perbankan yang memiliki banyak ketentuan dan keruwetan tersendiri. Hal itu, menurut dia, menunjukkan bahwa para pembeli apartemen rata-rata adalah kelas menengah ke atas yang memiliki sumber daya untuk membeli unit apartemen secara tunai sehingga tidak membutuhkan kredit dari bank.

"Untuk rusunami atau rumah susun sederhana milik saja banyak yang memakai cash installment," katanya.

Fenomena ini, lanjut Akbar, berbeda dengan rumah tapak (landed house). Untuk rmah tapak, banyak warga yang lenioh memilih menggunakan kredit untuk membeli unit rumah.

Direktur Riset Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengungkapkan, hal itu terjadi karena rata-rata alasan orang membeli rumah adalah benar-benar karena kebutuhan. Sementara aparteman masih banyak diincar oleh mereka yang sedang berinvestasi, bukan menghuni.

Baca juga: Lima Apartemen Termahal di Jakarta Bertarif Dollar


Anda sedang membaca artikel tentang

57 Persen Pembeli Apartemen Gunakan "Tunai Bertahap"

Dengan url

http://coffeeasoy.blogspot.com/2013/04/57-persen-pembeli-apartemen-gunakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

57 Persen Pembeli Apartemen Gunakan "Tunai Bertahap"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

57 Persen Pembeli Apartemen Gunakan "Tunai Bertahap"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger