Indonesia Terlibat dalam Pertemuan Terbesar Industri Pelayaran Dunia

Written By bopuluh on Minggu, 10 Maret 2013 | 21.35

MIAMI,KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif terlibat dalam Cruise Shipping Miami (CSM) yang berlangsung 11-14 Maret 2013 di Pantai Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat. CSM merupakan pertemuan penting dunia yang dilaksanakan setiap tahun, sekaligus merupakan pertemuan terbesar industri pelayaran dunia.

Direktur Promosi Konvensi, Insentif, Event dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Rizki Handayani Mustafa di Miami, Senin (11/3/2013), menjelaskan, Indonesia penting terlibat dalam perhelatan itu karena bisa menjual langsung destinasi pariwisata kepada operator kapal pesiar (cruise line). Misalnya, Bali melalui Pelabuhan Benoa, Komodo atau Borobudur melalui pelabuhan Tanjungmas Semarang.

Selama ini perhelatan pelayaran dunia yang sudah berlangsung 29 kali itu mampu membawa industri terbaik cruise line, buyers berkualitas, dan pengambil keputusan (stakeholders) dari seluruh dunia. Kegiatan CSM tahun 2012 misalnya, diikuti oleh 11.327 peserta dari seluruh dunia. Areal pamerannya seluas 38.000 square meter yang berlokasi di Miami Beach Convention Center, Miami, AS.

Meningkat

Peserta trade show (exhibitor) terdiri dari industri kapal pesiar dari perusahaan berskala internasional, dimana 54,6 persen adalah perusahaan dan instansi yang menjadi tujuan wisata (destinasi). Sebanyak 18,16 persen merupakan perusahaan peralatan kapal, dan sisanya perusahaan yang bergerak dalam bidang hotel, palayanan kapal dan teknologi.

Keikutsertaan Indonesia pada kegiatan CSM 2013 diwujudkan melalui pembangunan paviliun yang mewakili visitasi Indonesia di Miami Beach Convention Center. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanagara ke Indonesia sesuai target Kemparkraf yakni 9 juta wisatawan 2013 ini.

Selain Kemparkraf, delegasi Indonesia ke Miami juga dari Kementerian Perhubungan, PT Pelindo III dan Pelindo III, Benoa, PT Pertamina, dan PT Pelni.

Jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia tahun 2012 tercatat 8.044.462 orang dan meningkat 5,16 persen dibandingkan dengan 2011 yakni 7.649.731 orang. Khusus wisatawan AS yang datang ke Indonesia tahun 2012 tercatat 207.010 orang atau naik 6,1 persen dibandingkan 2011 yakni 194.398 orang.


Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Terlibat dalam Pertemuan Terbesar Industri Pelayaran Dunia

Dengan url

http://coffeeasoy.blogspot.com/2013/03/indonesia-terlibat-dalam-pertemuan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Terlibat dalam Pertemuan Terbesar Industri Pelayaran Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Terlibat dalam Pertemuan Terbesar Industri Pelayaran Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger