Jokowi: Perbaikan Tanggul Jebol Ditargetkan Selesai Hari Ini

Written By bopuluh on Kamis, 17 Januari 2013 | 20.35

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, perbaikan tanggul yang jebol di Kanal Banjir Barat ditargetkan selesai Jumat (18/1) ini. Tanggul jebol tersebut akibat debit air yang begitu besar.

"Pokoknya hari ini harus rampung," kata Jokowi di lokasi, Jumat. Menurut Jokowi, masalah yang ia temukan di lapangan adalah alat-alat yang digunakan untuk memperbaiki tanggul tersebut seadanya.

"Batu yang harus dicari. Semuanya kan sudah dikerahkan, bantuan dari Kodam, Kopassus sudah kita minta semuanya. Tapi kan ini jebolnya tanggul bukan jebol 1-2 cm, 30 meter ini. Pokoknya jangan sampai dikejar sama hujannya atau air yang dari atas," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Dinas Pekerjaan Umum DKI masih punya persediaan batu untuk menahan arus deras tanggul tersebut. Batu-batu itu sedang diangkut ke lokasi. Namun pengakutannya terhambat macet dan banjir.

"Ini memang semua dari Dinas PU, mereka yang turun. Alat-alat tapi masih kurang. Masih menuju kesini terjebak macet," ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada dua alat berat dari Dinas PU yang dikerahkan untuk melakukan perbaikan tanggul itu. Jokowi merasa tidak perlu untuk menambah alat berat. "Kalau mau ditambah (alat berat), tempatnya juga dimana ya, enggak bisa juga. Ini karena tempat agak sulit di bawah jembatan layang dan dekat rel," kata Jokowi.

Jokowi mendatangi lokasi bersama Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Wiryatmoko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, dan Camat Menteng Bondan Dyah.

Sementara itu, Satpol PP, Petugas Dinas Pekerjaan Umum DKI, Kopassus, dan Kodam Jaya masih bergotong royong memperbaiki tanggul yang jebol itu.

Tanggul itu diketahui jebol sepanjang 30 meter pada Kamis pukul 10.00 WIB. Sisi yang jebol terletak di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat. Akibat jebolnya tanggul, air dari Kanal Banjir Barat mengalir ke Jalan Teluk Betung dan Tosari. Aliran air itu sampai ke Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Air dari tanggul jebol itu juga merendam rel kereta api jalur Tanah Abang dan Manggarai. Akibatnya, jalur kereta api itu tidak dapat digunakan.

Editor :

Egidius Patnistik


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi: Perbaikan Tanggul Jebol Ditargetkan Selesai Hari Ini

Dengan url

http://coffeeasoy.blogspot.com/2013/01/jokowi-perbaikan-tanggul-jebol.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi: Perbaikan Tanggul Jebol Ditargetkan Selesai Hari Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi: Perbaikan Tanggul Jebol Ditargetkan Selesai Hari Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger